Monday, June 14, 2010

Kesatria versus Dodol


(Dodol) : Huft.... tiap hare gene-gene aje...coba sekali-kali gitu ada duit jatoh dari langit atau ada bidadari kehilangan selendang, khan asik... macem di tipi-tipi itu... *ngayal*

---tiba-tiba---

(Kesatria) : apanya yg begene-begene aje bung??

(Dodol) : Busyett.... sape lu maen nyantol aja?!

(Kesatria) : Gue kesatria, gue utusan kerajaan, dikirim kesini buat ngurusin lu... lu sih bikin kerajaan gue gerah aja, tiap hari kerjanya ngeluh ma ngayal. Kenape lu?

(Dodol) : Ya lu liat sendiri lah gimana kehidupan gue, kalo bahasa jermannya itu nelangsa. Gue males ngejalanin kehidupan gue ini, ga ada ekspresi, bung!

(Kesatria) : Emanknya kalo lu terus-terusan ngeluh kaya' gene, hidup lu bakal berubah dengan sendirinya yah???

(Dodol) : 

(Kesatria) : Ga mungkin bisa lah, bung! *sambil nyabutin bulu ketek lalu di cium* Lu yang atur hidup lu... lu yang tentukan gimana hidup lu di masa yang akan datang... bukan hidup lu yang ngatur-ngatur lu...  kalo lu mau hidup enak, ya lu usaha donk! gimana kek gitu caranya biar lu bisa hidup enak... bukan dengan mengeluh, bung! *kebelenger nyium bau ketek sendiri*

(Dodol) : *sambil tidur-tiduran* Gue bingung sih...  apapun yang gue lakuin, selalu salah. Gue selalu gagal, bung! Lu ga tau sih gimana jeleknya nasib gue. Kenapa gitu mesti gue???!!

(Kesatria) : Nah.. ini nih yang namanya ga bersukur… lu itu mesti bersukur, bung! Lu mah masih hidup enak… asal lu tau yee masih banyak tuh yang hidupnya lebih susah dibanding lu… lu mah walaupun ga ngapa2in, hobi nya ngeluh doank, tp lu masi ga kelaparan khan?? Ga menderita busung lapar khan lu?? Ga menderita lumpuh layu khan lu?? Ga kebanjiran di waktu ujan… ga di keroyok nyamuk waktu lu tidur… Coba lu pikirin, bung!

(dodol) :  *melongo*

(Kesatria) : Ayo deh… gue ajak lu jalan2… biar lu liat n rasain sendiri gimana lebih susahnya orang-orang di sekitar lu….

BUUUZZZZZZ !!!! BUZZZ….!!! BUUZZZZ!!!! BUUZZZZZZ!!!!!!!!!!!!!!!!!
---dalam sekejap, mereka berdua berada di suatu tempat---

(dodol) : Eh, bung! Lu bawa gue kemana?? Enak aja lu maen culik-culik gue… berani bayar berape lu???!

(kesatria) : Lu ga bakal sanggup bayar gue! Kecuali kalo lu bisa ambil hikmah dari yang lu lewati hari ini…

(dodol) : Kamsut lo???!

(kesatria) : Udah, diam aje lu… *sambil clingak-clinguk* … Nah, itu dia!

(dodol) : *muka bego* apanya sih?

(kesatria) : lu liat ibu-ibu itu yee… liat baek-baek… amati yeee

(dodol) : Ah, ibu-ibunya jelek gitu… lusuh. Males gue… ga ada guna nya pun.. huft… kurang kerjaan kale pun lu ajak-ajak gue kesini…

(kesatria) : *sambil geplak punggung si dodol* bego lu… *marah* bukan fisiknya aja yang diliat yee… lu liat gimana semangat ibu itu dalam menjalani kehidupannya… bukannya kaya’ lu… ngeluh teruss…

(dodol) : oooo…. Iya lah… *ngangguk-ngangguk ga jelas*

(kesatria) : lu liat yee… liat rumahnya, berdiri di atas sepetak tanah yang sempit, terbuat dari anyaman, bocor sana sini, lantainya dr tanah, ga ada kamar mandinya, tidur Cuma di atas tikar, masak pake tungku, belum tentu juga tungku itu berapi tiap hari… nah lu? Rumah lu dari batu, besarnya tiga kali lipat dr rumah ibu itu, atap bagus, paling kalo pun bocor, lu masi sanggup nambal, di rumah lu masi ada kamar mandinya khan? Trus lu masak pake kompor, malah sekarang lu uda konversi ke kompor gas *dapat gratis*, walaupun lu bilang kalo lu sengsara, tp lu masi ada jaminan bakal makan tiap hari… sekarang lebih sengsara mana?? Lu apa ibu itu???

(dodol) : *ekspresi polos* lebih sengsara ibu itu sih… tp ya mungkin duit dia lum cukup kale buat beli rumah baru…

(kesatria) : mungkin duit ibu itu memang lum cukup buat beli rumah baru, tp lu liat lagi deh ibu itu… liat lebih mendalam…

(dodol) : Wahh… mana bisa lah, bung! Gue khan manusia biasa, jd gue Cuma bisa liat bagian luarnya aja… nanti gue kena gampar pula ma ibu itu kalo gue liat dalamannya… gile juga lu yeee…

(kesatria) : *sambil geplak punggung si dodol (lagi)* Eh… ape kamsut lu??? Bukan itu yang gue maksud… ah lu pikirannya ngeres mulu yee… ckck…. Lu liat yee, walaupun keadaannya kek gitu, tp ibu itu tetep semangat. Ibu itu dengan semangatnya berjualan keliling demi mencukupi kehidupannya sehari-hari, walaupun yang dijualnya itu bukan kue nya sendiri… tp kue titipan orang… dengan ramah dan sabarnya ia jualan… tanpa mengenal lelah dan sangarnya terik matahari… tanpa ada keluhan-keluhan tak berarti terucap dari bibirnya, yang ada ia slalu bersukur atas setiap langkah yang ia lewati… bersukur kalo ia masih diberi kesehatan, bersukur kalo ia masi bisa menjalani kehidupan, bersukur kalo masi ada orang yang mau menitipkan kue padanya agar ia bisa jualan. Keuntungan dari tiap kue Cuma Rp 100. Sehari dia Cuma bisa dapat Rp5000 s.d. 8000 aja… untuk makan aja masih susah, kalo mau buat kue sendiri ia tak ade modal….

(dodol) : Wahh… iya ya… kasian bgt ibu itu… seumur hidupnya harus seperti itu… ckckck *sok tau*

(kesatria) : *senyum terpaksa*


BUUZZZZ……!!!! BUUUZZZZ……….!!! BUZZZZZ!.........!!!!!
---kembali ke posisi asal---

(dodol) : *sambil tidur-tiduran* wew… balik lage kita yeee… ahh… jadi laper neh gue…

(kesatria) : ayo lah kita makan di luar, gue traktir…

(dodol) : wezzz… mantap juga neh… lu nongol tiba-tiba… nyulik gue tiba-tiba… sekarang nraktir gue tiba-tiba… wah, walaupun lu nyebelin, tp tak ape lah… yg penting gue di traktir yeee… hehehehe

(kesatria) : cerewet lu! Ayo… kita ke tempat makan yang paling enak n paling bagus di kota ini sekarang…

(dodol) : *pasang tampang meremehkan* oke lah…

---di restoran terkenal---
Tampak ibu-ibu berjilbab sekitar umur 35-40an turun dari sebuah mobil mewah berwarna hitam, pakaiannya eksklusif, parasnya bersinar penuh semangat.

(dodol) : *tertegun* macam pernah tengok ibu itu lah… tapi dimana yee??

(kesatria) : *dengan santai* itu ibu-ibu yang kamu bilang jelek dan lusuh tadi…

(dodol) : kok berubah??!

(kesatria) : *sambil jilat-jilat sendok* ya, suatu hari, saat ia jualan kue keliling, ada pengusaha yang membeli kue nya, pengusaha itu memperhatikan bagaimana cara ibu itu berjualan, dan akhirnya ibu itu mampu menarik perhatian pengusaha itu. Lalu ibu itu pun di rekrut jadi manajer pemasaran di perusahaan si pengusaha itu. Al hasil, berubah lah kehidupan ibu itu… Jadi, ga selamanya ibu itu menjalani hidup yang sulit seperti yang kita lihat tadi… secara tidak langsung, ibu itu mempelajari teknik pemasaran melalui kehidupannya, padahal ia tak mengenyam pendidikan karena hidupnya yang sulit itu. Itu pertanda bahwa ibu itu pandai mengambil hikmah di balik apa yang ia jalani, serta pandai mengambil pelajaran dari setiap pengalamannya.

(dodol) : Oh, jadi maksud lu, kalau kita jalani hidup ini dengan penuh sukur, berkeyakinan kuat, bersemangat pantang menyerah, tidak mengeluh, pandai mengambil hikmah dari setiap kejadian, serta selalu belajar dari pengalaman, ada kemungkinan untuk kita jadi lebih baik dari sekarang???!!

(kesatria) : *sambil makan* ada yang ketinggalan, bung! Kita juga harus memperhatikan orang-orang di sekitar kita, apakah sekitar kita sudah lebih baik dari kita??? Atau apakah sekitar kita masih tertinggal jauh di bawah kita??? Dan apakah sekitar kita membutuhkan bantuan dr kita??? Ingat, ga ada artinya kita menjalani hidup ini kalo kita ga bisa bermanfaat buat orang lain, bung…

(dodol) : Oh… baiklah bung kesatria… gue paham apa maksud lu dari tadi… hmmm trimakaaas…*belum selese ngomong, si kesatria udah ilang*…. Loh kemana lu kesatria??!! Huyy kesatriaaa…. Huyy…… BUZZZ.!! BUZZZZ!!!! BUUUZZZZ!!!! Wuy kesatriaaa!! Ini makanan siapa yang bayar wuuuyyyy….!!!!!!!! HUUUAAAAAHHHH…. HHUUAUUAAAAAAAAAAAAAA………………. (san)

-------------------


Mario Teguh said...

”Jika mengeluh itu dibayar, pasti akan banyak sekali orang yang menjadi kaya tanpa harus menjadi orang yang berguna bagi sesama. Jika Anda ingin berada dalam lingkungan yang sangat sedikit keluhannya, bergaullah dengan mereka yang ikhlas bekerja keras untuk menguatkan hati yang lemah, menuntun yang tersesat, meninggikan yang rendah, dan menggembirakan yang putus harapan.”











NB:
“dodol” dimaksudkan sebagai manusia yang lembek, lemah, suka mengeluh, dan tidak bersemangat. Bahkan terkadang mudah putus asa. Semoga cerita di atas dapat bermanfaat, sengaja di kemas se-anak muda mungkin, agar teman-teman senang membacanya…(san)

4 comments:

  1. baguzz bgt jg...
    tp fave q ttp yg kmaren
    hoho

    ReplyDelete
  2. hehehe...
    ya ntar aku bikin yang lebih bagus lagi deh..
    wkwkwk

    belum ketemu tema yg tepat aja nii...
    :)

    ReplyDelete
  3. hahahahaha, aku hanya bisa tertawa membaca tulisannya, lucu banget^

    ReplyDelete