Tuesday, December 14, 2010

Silaturrahim PD IPM Kota Batam


Narasi Perjalanan
Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Batam
Tanggal 11-12 Desember 2010
Tanjung Pinang dan Bintan


Assalamu'alaikum Waramatullahi Wabarakatuh,

Dengan tetap semangat dalam ber-IPM, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap langkah perjuangan amar ma'ruf nahi munkar kita. Amiin.

Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Batam yang diwakili oleh Ipmawati Susanna, Ipmawan Taufik Hidayat dan Ipmawan Dodi Kurnia Putra, melakukan kunjungan -dalam rangka silaturrahim dan koordinasi menjelang Musyawarah Wilayah II Ikatan Pelajar Muhammadiyah Provinsi Kepulauan Riau- ke Kota Tanjung Pinang (Tpi) pada tanggal 11 Desember 2010.

Sebelum berangkat, kami berkumpul terlebih dahulu di Pelabuhan Punggur - Batam pada pukul 15.30 WIB, berangkat dari Batam pukul 16.00 WIB dan tiba di Tanjung Pinang pukul 17.00 WIB (1 jam perjalanan). Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Pinang, kami dijemput oleh teman-teman IPM Tanjung Pinang dan dibawa ke Kauman Muhammadiyah, Batu Delapan - Tanjung Pinang.


Setibanya di sana, (ba'da maghrib) kami bertemu dengan PD IPM Tanjung Pinang yang berjumlah 12 orang (3 ipmawati dan 9 ipmawan), kemudian ada beberapa hal yang langsung kami bahas:
1. Personal Introduction / Ta'aruf
2. Penyampaian uneg-uneg/kritik/saran/ide/harapan dan sebagainya yang disampaikan oleh PD IPM Tanjung Pinang kepada PD IPM Batam, yang segera kami rangkum dan akan dibawa untuk dibahas pada saat Musywil IPM Kepri
3. Tanggapan kami atas uneg-uneg yang disampaikan sebelumnya
4. Penjelasan singkat mengenai IPM secara umum (karena ada banyak ketidakpahaman yang ditemukan saat berdiskusi dengan teman-teman ipm tanjung pinang terkait Gerakan IPM)
5. Penyatuan persepsi dan komitmen dalam ber-IPM ke depan
6. Menyepakati untuk mengadakan Pelatihan Kader Taruna Melati I di Tanjung Pinang (karena Taruna Melati belum pernah diselenggarakan di tanjung pinang satu kali pun), yang diselenggarakan pada tanggal 17-19 Desember 2010
7. Membahas acara Pra Musywil Muhammadiyah dan Ortom (dalam hal ini fokus kepada konsep acara pra musywil IPM) pada tanggal 19 Desember 2010 (dibuat satu rangkai dengan PKTM I), adapun acaranya yakni Pawai IPM Kepri (IPM Batam, Tanjung Pinang dan Bintan telah konfirmasi untuk turut memeriahkan)
8. Membahas acara Musyawarah Wilayah II IPM Kepri yang insyaAllah diselenggarakan pada tanggal 24-26 Desember 2010 di Kauman Muhammadiyah, Batu Delapan - Tanjung Pinang (Ibu Kota Prov. Kepulauan Riau) dengan panitia lokal dari IPM Tanjung Pinang.

Diskusi berakhir pada pukul 00.00 WIB, karena harus beristirahat untuk perjalanan selanjutnya, yakni Kabupaten Bintan.

***

Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Batam yang diwakili oleh Ipmawati Susanna, Ipmawan Taufik Hidayat dan Ipmawan Dodi Kurnia Putra, melakukan kunjungan -dalam rangka silaturrahim dan koordinasi menjelang Musyawarah Wilayah II Ikatan Pelajar Muhammadiyah Provinsi Kepulauan Riau- ke Kabupaten Bintan pada tanggal 12 Desember 2010 ditemani oleh 5 orang personil PD IPM Kota Tanjung Pinang (jumlah: 8 orang).

Berangkat dari Tanjung Pinang pada pukul 07.30 WIB dengan menumpang Kendaraan Roda Empat memakan waktu sekitar 2 jam (kecepatan menengah-maksimal, medannya cukup menegangkan, jadi seperti roller coaster, hehe, jadi kalau berkendara dengan pelan, kami rasa bisa 3 jam baru sampai. ckck). Tiba di Tanjung Uban - Kab. Bintan sekitar pukul 09.30 WIB, langsung menuju ke SMK Muhammadiyah Bintan (tempat pertemuan yang disepakati).

Setibanya di sana, acara dikemas semi-formal (setidaknya jauh lebih formal dibandingkan di tanjung pinang, hehe), saya mewakili PD IPM Batam dan Tanjung Pinang diberi kesempatan untuk memberi Kata Sambutan. Tapi susunan acara langsung kami format ulang jadi tidak penuh dengan sambutan-sambutan, melainkan langsung kepada diskusi interaktif agar langsung tepat sasaran. Adapun pembahasan kami saat di Bintan adalah:
1. Personal Introduction / Ta'aruf
2. Penyampaian uneg-uneg/kritik/saran/ide/harapan dan sebagainya yang disampaikan oleh IPM Bintan kepada PD IPM Batam dan Tanjung Pinang, yang segera kami rangkum dan akan dibawa untuk dibahas pada saat Musywil IPM Kepri
3. Tanggapan kami atas uneg-uneg yang disampaikan sebelumnya
4. Penjelasan singkat mengenai IPM secara umum (karena ada banyak ketidakpahaman yang ditemukan saat berdiskusi dengan teman-teman ipm bintan terkait Gerakan IPM)
5. Penyatuan persepsi dan komitmen dalam ber-IPM ke depan
6. Mengundang IPM Bintan untuk menghadiri Pelatihan Kader Taruna Melati I di Tanjung Pinang (karena Taruna Melati belum pernah diselenggarakan di Bintan satu kali pun), yang diselenggarakan pada tanggal 17-19 Desember 2010
7. Mengundang IPM Bintan untuk turut memeriahkan acara Pra Musywil Muhammadiyah dan Ortom pada tanggal 19 Desember 2010
8. Mengundang dan Membahas acara Musyawarah Wilayah II IPM Kepri yang insyaAllah diselenggarakan pada tanggal 24-26 Desember 2010 di Kauman Muhammadiyah, Batu Delapan - Tanjung Pinang (Ibu Kota Prov. Kepulauan Riau).

Kegiatan di Bintan (dengan sebelumnya melaksanakan sholat zhuhur berjama'ah) ditutup oleh Ipmawan Surya (PW IPM Kepri asal Kab. Bintan). Setelah kegiatan tersebut, kami langsung menuju Pelabuhan Tanjung Pinang untuk segera kembali ke Kota asal kami, yakni Kota Batam.

Demikian narasi singkat perjalanan kami, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Nuun Walqolami Wamaa Yasthuruun

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

1 comment: