Tuesday, May 18, 2010

Arah IPM ke Depan


----------------------------
Sebelum kamu baca isi postingan ini, aku mau kabar-kabari kamu dulu nih...
apa hayooo??
hehe

Aku itu suka banget ikutan organisasi. Apapun itu aku suka deh pokoknya (yang bermanfaat dan positif tentunya). Nah, sekarang ini, aku sedang dalam fase aktif di IPM.
Tau kah kamu apa kepanjangan dari IPM???
hayooo dehh... cari tau sekarang!!
di jamin kagak nyesel. --kalo di koran-koran nih kek gini, kalo bahasanya ga baku tuh mesti dimiringin, lama2 kita yang baca ikutan miring... hehe--

Kemaren aku buka-buka web-nya IPM (alamat: http://www.ipm.or.id/), nah aku liat di sana ada Proposal Muktamar IPM XVII (baca: 17), aku baca dehh risalah pemikirannya (sama dengan dasar pemikiran/latar belakang lahh..) ... hmmm... bagus banget kalimatnya, menusuk ampe ke jantung (mati lahh.. ckck)..
oke kawans..
ini dia isi postingku kali ini..
ayo di baca!
^_^

----------------------------

dalam konteks Indonesia sekarang, IPM harus mulai membaca arus baru gerakan pelajar yang berkembang di negeri Indonesia pada tengah derasnya arus informasi sebagai konsekuensi dari globalisasi, terlebih kondisi kebangsaan kita saat ini sedang mengalami krisis komitmen kebangsaan dan ke-Indonesia-an. Tentunya diperlukan komitmen bersama dari segenap elemen masyarakat dimana IPM termasuk di dalamnya selaku organisasi berbasis Pelajar, untuk membawa bangsa ini ke arah yang berkemajuan.

Ikatan Pelajar Muhammadiyah sebagai organisasi berbasis Pelajar di sekolah Muhammadiyah secara khusus dan di sekolah Negeri serta Swasta secara umum, semakin tumbuh dan berkembang. Hal tersebut menjadikan gerakan IPM mulai diperhitungkan sebagai wadah meningkatkan potensi, softskill, dan membina Pelajar di Indonesia yang membantu Indonesia mencerdaskan anak bangsa sehingga melahirkan dalam jiwa Pelajar yang berkarakter, berfikir kritis dan beretika. Selain itu, perubahan zaman yang sangat cepat menjadikan banyak tantangan yang harus dilalui oleh IPM dengan secara inovatif melakukan perbaikan dalam memperbaiki dan memperbaharui strategi gerakan di dalam organisasi. Usaha menjadi bagian dari terbentuknya Indonesia yang berkemajuan menjadi sebuah keniscayaan bagi IPM sebagai organisasi yang selama ini bergerak pada ranah pelajar untuk tetap menjaga konsistensi dalam mengawal komitmen kebangsaan. Oleh karena itu, IPM harus tetap berkomitmen untuk memperjuangkan kepentingan dan aspirasi pelajar untuk dapat meneguhkan eksistensi IPM di kalangan pelajar guna menguatkan kembali basis IPM, yaitu pelajar sekolah.

Sebagai langkah implementasi menemukan kembali ruh gerakan pelajar Indonesia, IPM harus segera melakukan reformulasi dan reorientasi gerakannya untuk menemukan formasi ideal IPM ke depan.

Dikutip dari : Proposal Muktamar XVII IPM (Risalah Pemikiran)

No comments:

Post a Comment